Emas Gaul Alternatif Perhiasan Masa Kini

featur-gaul
Dibaca sebanyak: 7085

Trend pergerakan harga emas murni (Bullion) atau yang biasanya disebut emas lantakan (gold bar) melambung sangat tinggi setiap tahunnya. Emas murni yang merupakan bahan baku utama untuk membuat perhiasaaan emas dan sekaligus sebagai dasar untuk menentukan harga perhiasaan dapat dilihat kenaikannya secara signifikan, sebagai contoh pada tahun 2001 harga emas berkisar antara USD 250/troy ounce (ozt) atau berkisar Rp 70.000/gram, sedangkan pada tahun 2011 harga emas telah menjadi USD 1.400/troy ounce (ozt) atau berkisar Rp 400.000/gram, yang berarti telah naik lebih dari 500% dalam kurun waktu 10 tahun dengan tingkat inflasi emas rata-rata pertahun hingga 50% (years on years). Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya berkisar 5% s/d 6,5 % belum mampu mendorong daya beli konsumen untuk membeli perhiasan emas menjadi lebih baik  pasca krisis tahun 1997.

Keadaaan ini membuat sektor perdagangan perhiasaan mengalami kelesuan dari tahun ke tahun, diperparah dengan dampak krisis tahun 2008 di Amerika Serikat yang membawa dampak langsung maupun tidak langsung terhadap perekonomian global dengan melemahnya index kepercayaan terhadap mata uang Amerika (USD) sebagai mata uang tunggal global (unipolar currency), hal tersebut menyebabkan banyak negara dan masyarakat di berbagai belahan dunia memburu emas.  Faktor lain yang menyebabkan melambungnya harga emas murni di dunia adalah pencabutan perjanjian Sistem Bretton Woods (Bretton Woods Agreement) yang dilakukan Presiden Richard Nixon pada tahun 1971, pencabutan sistem tersebut menyebabkan ketidakstabilan antara pertumbuhan mata uang suatu negara dengan cadangan emas (gold standard) yang dimiliki  sehingga mata uang lebih banyak beredar tanpa ada jaminan cadangan emas yang sepadan, hal tersebut menyebabkan nilai mata uang lebih mudah untuk terjadi inflasi dan menjadi tidak berharga.

Trend kenaikan harga emas murni dalam jangka panjang diperkirakan akan terus berlanjut, hal ini menjadi ancaman tersendiri bagi pelaku industri perhiasan emas karena harga emas semakin tidak terjangkau oleh konsumen, dan sesuai dengan hukum teori ekonomi penawaran dan permintaan “jika harga naik tak terkendali maka daya beli akan turun” serta perilaku konsumen akan selalu mencari barang penganti (substitusi) untuk memenuhi keinginan terhadap suatu barang/jasa, dalam hal ini khususnya perhiasaan emas menjadi permintaan yang terpendam (latent demand). Hal tersebut mendorong pelaku industri perhiasan perlu merespon dan mencarikan solusi bagi para pecinta emas (goldbugs) yang tidak mampu membeli perhiasaan emas kadar sedang (kadar 70% dan 75%) ataupun emas kadar tinggi (kadar 87,5 %; 91.6% dan 99%), karena harganya yang kian mahal. Faktor-faktor external inilah yang sangat sulit dihindari karena diluar kendali para pedagang emas untuk mengubah harga emas murni  dunia menjadi murah kembali.

Toko Emas Bulan Purnama (BP) berinovasi  mencari terobosan dengan mengubah ancaman menjadi suatu peluang bisnis dalam suasana krisis (marketing in crisis) dan berprinsip sebagai pengusaha “sejati” yang tidak hanya mengeluhkan keadaan dan menyalahkan orang lain. Mulai tahun 2006 Toko Emas Bulan Purnama mulai meluncurkan dan memperkenalkan produk alternatif perhiasan emas yang lebih terjangkau dengan nama “Emas Gaul”, Toko Emas Bulan Purnama berkerjasama dengan industri pabrik emas UNTUNG BERSAMA SEJAHTERA (UBS) yang terbesar dan terpercaya kualitasnya di Indonesia. “Emas gaul” adalah emas dengan kadar rendah dengan kualitas kadar yang disediakan 37,5% dan 42% dengan pilihan warna kuning, merah, putih, dan variasi dengan ketersediaan jenis perhiasan mulai cincin, gelang, kalung, liontin dan giwang. Adapun kelebihan “Emas Gaul” adalah:

  1. Harga murah terjangkau
  2. Model bagus dan variatif
  3. Dapat diperjual-belikan di  toko emas .
  4. Dapat diterima resmi di perum pegadaian (BUMN)
  5. Produk terjamin mutu dan kadarnya sesuai standar internasional, sama seperti produk perhiasaan kadar lainnya yang juga dibuat oleh pabrik yang sama, hanya kualitas kadarnya yang berbeda.
  6. Produk legal bebas diperdagangkan secara hukum negara (legally autorized state) karena tidak ada undang-undang yang melarangnya berlaku di seluruh dunia.
  7. Pabrik telah mengantongi persyaratan perizinan sesuai undang-undang (the licensing requirement of law) yang berlaku di Indonesia.

Tentunya Toko Emas Bulan Purnama adalah satu-satunya toko yang berkonsep One stop Shoping yang tidak hanya menyediakan “Emas Gaul” saja, tapi juga menyediakan berbagai pilihan jenis, model, dan kadar perhiasan emas yang sesuai dengan selera dan daya beli konsumen. Toko emas Bulan Purnama menyediakan berbagai jenis perhiasan emas dengan kadar 99%, perhiasan dubai import (87,5% dan 91,6%), perhiasan kadar emas 70% dan 75% dengan pilihan warna putih, kuning, merah, dan variasi warna. Toko Emas Bulan Purnama juga menyediakan emas untuk investasi berupa Dinar, emas murni lokal, emas murni berupa koin mulai berat 1gr s/d 1kg.

Dengan model yang bagus, terbaru, dan produk perhiasan yang unggul dari sisi model ini membuat Toko Emas Bulan Purnama tidak bisa menjual dengan harga yang murah, karena produk diambil langsung dari pabrik, dimana setiap perhiasan menanggung biaya produksi. Toko Emas Bulan Purnama selalu mengambil perhiasan emas yang baru (new product) dari pabrik, bukan dari barang bekas (scrap jewelry) dari konsumen yang telah berulang kali  telah dicuci, direparasi, untuk dijual kembali sehingga bisa menjual harga lebih murah dengan kwalitas model yang sudah ketinggalan jaman, fisik barang yang cacat, molor, serta permata yang buram. Untuk memilih kualitas dari perhiasan emas tentu itu adalah mutlak sepenuhnya hak konsumen untuk memutuskan karena pertimbangan harga atau model yang paling diutamakan.

 

Perhiasan emas gaul dapat digadaikan dan diperjual belikan secara mudah

 

Sebelum mengambil keputusan membeli emas murni atau membeli perhiasan sebagai investasi, konsumen hendaknya menentukan tujuan membeli emas, jika tujuannya hanya mutlak mencari keuntungan (pure profit oriented) pilihlah investasi emas murni karena lebih cepat mendapat untung dan sangat mudah menjualnya di semua toko emas, akan tetapi emas murni memiliki kelemahan yaitu tidak dapat dipakai dan hanya untuk disimpan, sedangkan jika pilihanya berinvestasi perhiasaan kelebihanya bisa dipergunakan untuk berhias, namun kekurangan dari perhiasaan untuk investasi adalah perhiasaan sulit mendapatkan untung dalam jangka pendek, mengingat sifat dari perhiasaan yang memiliki ongkos pembuatan / jasa bentuk (utility shape) dari produsen dan pihak toko selaku agen pengecer (retailer), ketika suatu saat konsumen menjual perhiasaan tersebut harga menjadi jatuh karena pihak toko hanya akan membayar harga emasnya saja, apalagi jika dijual di toko emas lainnya, walaupun tetap laku terkadang dengan harga lebih rendah lagi dikarenakan jasanya telah dipungut oleh pihak toko yang menjual pertama kali serta kemungkinan perhiasaan tidak diterima karena berbagai sebab misalnya resiko barang tidak laku, masalah  perputaran  keuangan (cash flow), atau pengetahuan (knowledge) pemilik toko masih  terbatas.

Oleh karena itu sudah menjadi kewajiban  dan resiko konsumen selaku pengguna jasa (user) untuk menanggungnya, hal ini merupakan  hukum tata niaga perdagangan emas yang telah berlaku secara global didunia bahwa selama emas murni  dijadikan perhiasaan selalu ada nilai jasa yang melekat, maka dari itu investasi emas perhiasaan lebih untung kalau disimpan jangka panjang bukan jangka pendek karena harga perhiasaan tersebut sudah naik jauh sangat tinggi dibanding ketika konsumen membelinya. Untuk lebih jelasnya konsumen dapat bertanya langsung ke Toko Emas Bulan Purnama, kami siap melayani dengan ramah agar konsumen tidak merasa dikecewakan di kemudian dalam memilih produk – produk emas.

Untuk mendapatkan produk-produk unggulan, koleksi, dan model perhiasan terbaru, konsumen dapat mengunjungi gerai-gerai kami yang tersebar di Malang Raya :

Toko Emas Bulan Purnama

  • Lantai Dasar No. 27-32 Pasar Besar Malang – Kota Malang, Telp. 0341-326810
  • Lantai Darar No. 10-11 Pasar Besar Malang – Kota Malang, Telp. 0341-323243
  • Jalan Pasar Besar No. 95 (Pecinan) Kota Malang, Telp. 0341-325996
  • Jalan S. Wiryo Pranoto No.15 (Utara Trend) Kota Malang, Telp. 0341-362455
  • Jalan MT. Hariyono 185 Kota Malang, Telp. 0341-551050
  • Jalan Dewi Sartika Unit II No.2 Pasar Batu – Kota Batu, Telp. 0341-597144
  • Pasar Kepanjen Lantai Dasar Depan AA 16 Kepanjen – Kab. Malang, Telp. 0341-396080
  • Pasar Baru Lawang Kios A3 No.2 Lawang, Telp. 0341-425852

Comments are closed.

 
Content Protected Using Blog Protector By: PcDrome.