Siklus Pergerakan Emas Bulanan Dalam Setahun

harga-emas

Berdasarkan pergerakan harga emas ditahun-tahun sebelumnya ternyata memiliki pola pergerakan yang cenderung memiliki kemiripan yang bisa menjadi informasi yang barang kali bermanfaat bagi kita yaitu sebagai berikut:

  • Kwartal 1 : Awal tahun baru Januari, Februari, Maret harga emas lebih tinggi harganya dari kwartal 4 Oktober, November, Desember tahun sebelumnya.
  • Kwartal 2 : April, Mai, Juni harga emas mulai menunjukkan trend penurunan menuju titik terendah secara bertahap terutama di bulan Juni.
  • Kwartal 3 : Juli, Agustus, September harga emas tetap menunjukkan trend penurunan di titik terendahnya di bulan Juli selanjutnya dibulan Agustus, September kembali mulai naik dari titik terendah.
  • Kwartal 4 : Oktober, November, Desember di akhir tahun harga emas menunjukkan kenaikan harga tertinggi dibanding kwartal 1 Januari, Februari, Maret di tahun yang sama.

Continue reading →

Bukti Stabiltas Nilai Dinar (Emas) dan Dirham (Perak) Zaman Dulu Sampai Sekarang… !

dinar-dirham

Dinar yang bahan dasar yang melekat  adalah emas dengan kadar 22 krt/91.6% dengan berat 4.25 gr dan Dirham yang bahan dasar penyusunnya terdiri dari perak murni dengan berat 2.975 gr . Jadi kali ini kita buktikan daya beli  dengan parameter uang Dinar dan Dirham yang kesemuanya bahan dasarnya adalah emas dan perak dengan rentan waktu 1.500 tahun lalu kita bandingkan dengan saat artikel ini dibuat sebagai berikut:

Continue reading →

BELI PERAK SEKARANG …!

perak murni

Seiring dengan naiknya harga emas murni dikisaran Rp. 450.000/gr menyebabkan penurunan daya beli konsumen. Hal itu disebabkan salah satunya karena nilai inflasi emas yang begitu cepat dan tidak sejalan lagi dengan tingkat pendapatan yang diperoleh, sehingga kenaikan harga emas sudah tidak terjangkau lagi oleh para pecinta emas (Gold Bug). Sementara itu beberapa konsumen beranggapan bahwa harga tersebut terlalu tinggi dan tidak masuk akal lagi sehingga konsumen merasa takut membeli emas karena khawatir harga emas turun suatu saat.
Continue reading →

Emas Gaul Alternatif Perhiasan Masa Kini

featur-gaul

Trend pergerakan harga emas murni (Bullion) atau yang biasanya disebut emas lantakan (gold bar) melambung sangat tinggi setiap tahunnya. Emas murni yang merupakan bahan baku utama untuk membuat perhiasaaan emas dan sekaligus sebagai dasar untuk menentukan harga perhiasaan dapat dilihat kenaikannya secara signifikan, sebagai contoh pada tahun 2001 harga emas berkisar antara USD 250/troy ounce (ozt) atau berkisar Rp 70.000/gram, sedangkan pada tahun 2011 harga emas telah menjadi USD 1.400/troy ounce (ozt) atau berkisar Rp 400.000/gram, yang berarti telah naik lebih dari 500% dalam kurun waktu 10 tahun dengan tingkat inflasi emas rata-rata pertahun hingga 50% (years on years). Dengan pertumbuhan ekonomi Indonesia yang hanya berkisar 5% s/d 6,5 % belum mampu mendorong daya beli konsumen untuk membeli perhiasan emas menjadi lebih baik  pasca krisis tahun 1997.

Continue reading →

Kelebihan dan Kekurangan Investasi Perhiasan

perhiasan

Anda sempat bimbang dalam memilih jenis produk emas yang digunakan untuk berinvestasi. Jika anda berencana untuk berinvestasi emas dalam bentuk perhiasan, semoga artikel ini dapat membantu anda dalam memahami kelebihan dan kekurangan dalam berinvestasi perhiasan emas. Sebelum anda memutuskan mari simak artikel berikut.

Continue reading →

Mengapa Harus Investasi Emas Murni ?

invest

Investasi adalah kegiatan menyimpan nilai atau daya beli uang untuk digunakan suatu saat di masa depan dengan harapan memperoleh keuntungan. Investasi juga dapat dikatakan sebagai suatu penundaan konsumsi saat ini untuk konsumsi masa depan. Harapan pada keuntungan di masa datang merupakan kompensasi atas waktu dan risiko yang terkait dengan suatu investasi yang dilakukan.
Continue reading →

Emas Murni Mata Uang Sesungguhnya

matauang

Uang Kertas (Fiat Money) adalah alat pembayaran yang sah dan wajib diterima dan digunakan oleh masyarakat dalam melakukan transaksi jual beli sehari-hari dan berlaku secara umum, yang  ditetapkan oleh bank sentral/negara selaku penerbit mata uang melalui undang-undang yang berkekuatan hukum (legal tender).
Continue reading →

Perbandingan Investasi Emas Murni dengan Tabungan/Deposito

investasi

Artikel ini saya tuliskan berdasarkan pengamatan harga emas dari tahun ke tahun. Guna membandingkan hasil investasi antara emas murni dengan produk investasi bank seperti deposito. Saya menggunakan batasan jangka waktu investasi selama 15 tahun (1996 – 2011). Hmmm.. seperti apakah kira-kira perbedaan antar produk investasi diatas, mari anda simak artikel berikut.
Continue reading →

Membedakan Emas Murni Lokal dan Emas Murni Standar Luar

perbedaan

Ada beberapa jenis produk emas murni yang beredar di pasaran, namun secara garis besar produk emas murni tersebut dibedakan menjadi 2 yaitu emas murni lokal dan emas standar luar. Untuk mengetahui apa perbedaan dari kedua produk tersebut mari simak artikel kami mengenai cara membedakan emas murni lokal dan emas standar luar berikut.
Continue reading →

Kelebihan dan Kekurangan Emas

kelebihan
Emas merupakan media investasi yang sangat baik, hal ini tidak dapat dipungkiri sebagai salah satu kelebihan dari emas. Namun bukan berarti emas sendiri tidak memiliki kekurangan, apa saja kelebihan dan kekurangan emas ? mari simak artikel yang kami tulis untuk menambah pengetahuan anda tentang kelebihan dan kekurangan emas.